Berita Terbaru:
Home » » Penguasa Bundesliga (?)

Penguasa Bundesliga (?)

Written By angkringanwarta.com on Saturday, October 05, 2013 | 04:45

Kata ‘penguasa’ dalam sepakbola sangat identik dengan kata kekuatan, juara, dominasi, dan juga pengaruh dari sebuah klub. Tapi bagaimana jika variabel ‘klub’ diganti dengan hal lain?

Belum lama ini tepatnya tanggal 22 September 2013, Jerman melakukan pemilu untuk pemilihan kanselir periode 2013-2017. Apa hasil dari pemilu tersebut? Lagi-lagi warga Jerman mempercayakan jabatan Kanselir Jerman kepada Angela Merkel untuk ketiga kalinya!


Bicara Angela Merkel, saya teringat saat saya sedang asik menonton tim nasional Jerman berlaga di Piala Dunia 2006 di Jerman, entah saat lawan apa saya lupa, Merkel melakukan selebrasi dengan gerakan khas beliau --seperti gambar di atas-- saat pemain Jerman mencetak gol. Saya sebelumnya tidak tahu siapa emak-emak tersebut yang terlihat rapih menggunakan blazer dan juga seperti orang yang penting karena berada di kursi VIP tapi bertolak belakang dengan gerakan jingkrak-jingkraknya itu. Namun, setelah tanya ke ayah saya, akhirnya dapat jawaban kalau dia adalah kanselir Jerman, Angela Merkel.

Berhubung saya fan timnas Jerman dari ‘angkatan’ 2002, pastinya saya hampir sulit untuk melewatkan pertandingan timnas Jerman (baca : kalau sempat). Sama juga dengan Herrin Merkel, yang selalu menyempatkan diri untuk menonton timnas Jerman berlaga baik langsung di stadion ataupun di layar kaca  saat istirahat pada pertemuan bersama perdana mentri Inggris, David Cameroon saat Jerman bertemu Inggris di babak enam belas besar Piala Dunia 2010 yang dimenangkan Jerman dengan skor 4-1.

Kalau tadi itu penguasa negara Jerman, sekarang kita kembali ke judul, “Penguasa Bundesliga”. Klub mana yang paling banyak meraih juara Bundesliga Jerman? Para pencinta sepakbola sudah pasti langsung menjawab FC Bayern Münich. Ya betul memang, FC Bayern adalah pemegang rekor juara Bundesliga dengan 22 gelar. Hal tersebut membuat klub-klub Bundesliga lainnya iri dan mustahil untuk dilewati oleh klub lainnya walaupun FC Bayern puasa gelar sampai 20 tahun beruntun dari sekarang dan lagi-lagi hal tersebut juga mustahil dan saya bertaruh, sampai saya punya cicit pun, FC Bayern akan tetap menjadi rekordmeister Bundesliga. Tapi kalau pertanyaannya seperti ini “Negara bagian mana yang paling banyak ‘menyumbang’ klub peserta Bundesliga setiap musimnya?” apa ada yang tahu?

Sebelumnya, saya akan menjelaskan dulu mengenai negara bagian di Jerman. Republik Federal Jerman mempunyai enam belas negara bagian atau biasa disebut länder, diantaranya Baden-Württemberg, Bayern, Berlin, Brandenburg, Bremen, Hamburg, Hesse, Mecklenburg-Vorpommern, Nordrhein-Westfalen, Niedersachsen, Rheinland-Pfalz, Saarland, Sachsen, Sachsen-Anhalt, Schleswig-Holstein, Thüringen. Tiga länder terakhir dari enam belas länder tersebut belum pernah ‘menyumbangkan’ klubnya untuk berpartisipasi dalam kompetisi nomor satu Jerman tersebut sejak pertama kali bergulir pada musim 1963/1964.

Nah, jadi dari tiga belas länder tersebut kira-kira mana yang paling banyak ‘menyumbangkan’ klubnya untuk berpartisipasi di Bundesliga selama kompetisi ini bergulir dari musim 1963/1964 sampai 2013/2014? Oke, langsung lihat saja pada tabel dibawah.

No.
Länder
Klub
Total klub
1
Baden-Württemberg
VfB Stuttgart, Karlsruher SC, SC Freiburg, SV Waldhof Mannheim, TSG 1899 Hoffenheim, Stuttgarter Kickers, SSV Ulm 1846

7
2
Bayern
FC Bayern München, 1. FC Nürnberg, TSV 1860 München, FC Augsburg, SpVgg Unterhaching, SpVgg Greuther Fürth

6
3
Berlin
Hertha BSC, Tennis Borussia Berlin, Blau-Weiß 90 Berlin, SC Tasmania 1900 Berlin

4
4
Brandenburg
Energie Cottbus
1
5
Bremen
SV Werder Bremen
1
6
Hamburg
Hamburger SV, FC St. Pauli

2
7
Hesse
Eintracht Frankfurt, Kickers Offenbach, SV Darmstadt 98

3
8
Mecklenburg-Vorpommern
Hansa Rostock
1
9
Nordrhein-Westfalen
Borussia Dortmund, Borussia Mönchengladbach, FC Schalke 04, 1. FC Köln, Bayer 04 Leverkusen, VfL Bochum, MSV Duisburg, Fortuna Düsseldorf, Arminia Bielefeld, KFC Uerdingen 05, Rot-Weiss Essen, Alemannia Aachen, SG Wattenscheid 09, Rot-Weiß Oberhausen, Wuppertaler SV, SC Fortuna Köln, Preußen Münster

17
10
Niedersachsen
Hannover 96, Eintracht Braunschweig, VfL Wolfsburg

3
11
Rheinland-Pfalz
1. FC Kaiserslautern, 1. FSV Mainz 05
2
12
Saarland
1. FC Saarbrücken, Borussia Neunkirchen, FC 08 Homburg

3
13
Sachsen
Dynamo Dresden, VfB Leipzig 

2

Dari tabel di atas, sudah jelas kan länder  mana yang paling banyak ‘menyumbangkan’ klubnya untuk berpartisipasi di Bundesliga? Ya, Nordrhein-Westfalen adalah jawabannya. Dalam 51 musim Bundesliga bergulir Nordrhein-Westfalen sudah ‘menyumbangkan’ total tujuh belas klubnya.

Nah, itu kan ‘penyumbang’ terbanyak ditotal dalam 51 musim, lalu merujuk ke pertanyaan awalnya kan “Negara bagian mana yang paling banyak ‘menyumbang’ klub peserta Bundesliga setiap musimnya?”. Jawabannya pun juga tetap sama, yaitu Nordrhein-Westfalen.

Lalu, bagaimana dengan kiprah klub-klub Nordrhein-Westfalen di Bundesliga? Berapa jumlah klub Nordrhein-Westfalen terbanyak dalam satu musim? Musim kapan pula klub-klub Nordrhein-Westfalen mendominasi papan atas kelasemen? Bagaimana kekuatan klub-klub Nordrhein-Westfalen musim ini?

Selama berpartisipasi di Bundesliga, jumlah klub-klub Nordrhein-Westfalen tiap musimnya berubah-ubah. Di musim pertamanya 1963/1964 terdapat lima klub antara lain  Borussia Dortmund, 1. FC Köln, Meidericher SV (sekarang MSV Duisburg), Preußen Münster, FC Schalke 04. Pada musim kedua menjadi empat klub dikarenakan Preußen Münster degradasi. Di musim-musim berikutnya jumlah klub dari Nordrhein-Westfalen berubah-ubah menjadi enam klub, tujuh klub juga delapan klub, bahkan pernah sampai separuh dari jumlah klub yang berlaga di Bundesliga yang beranggotakan delapanbelas klub, yaitu sembilan klub dari Nordrhein-Westfalen. Apakah cukup sampai sembilan klub? Tidak, Nordrhein-Westfalen bahkan pernah ‘menyumbangkan’ sampai sepuluh klub dari delapanbelas klub yang ikut serta, hal itu terjadi pada musim 1980/1981. Hanya saja musim tersebut Nordrhein-Westfalen cuma menang jumlah saja. Dari sepuluh klub tersebut tidak ada satupun yang berada di posisi empat besar. Bahkan dua klub Nordrhein-Westfalen harus degradasi! Musim tersebut, FC Bayern dengan pemain-pemain luar biasa seperti Karl-Heinz Rummenigge dan Paul Breitner merengkuh Meisterschale untuk ke enam kalinya.

Kalau tadi klub  Nordrhein-Westfalen cuma menang jumlah, lalu apakah pernah klub-klub Nordrhein-Westfalen mendominasi papan atas Bundesliga? Ya, pernah pada musim 2011/2012. Pada saat itu Borussia Dortmund menjadi juara, sedangkan FC Schalke 04, Borussia Mönchengladbach, Bayer 04 Leverkusen berturut-turut ada di peringkat tiga, empat dan lima. Bahkan di musim tersebut, penyerang FC Schalke 04 asal Belanda, Klaas-Jan Huntelaar menyabet trophy Torjägerkanone untuk 29 golnya.

Dari empat klub tersebut, keempatnya masih ikut serta di musim 2013/2014 dan memang hanya empat klub itu saja. Tapi bisakah mereka mengulang dominasi di papan atas seperti yang dilakukan di musim 2011/2012? pertanyaan yang sulit untuk di jawab, karena performa ke empat klub tersebut yang naik turun. Mungkin dari empat klub tersebut hanya Borussia Dortmund yang paling konsisten sampai saat ini dibawah pelatih jenius, Jürgen Klopp. Bayer 04 Leverkusen juga termasuk konsisten beberapa musim terakhir, namun mereka terkadang terlena dengan ke konsistenan mereka dan berubah menjadi inkonsisten atau dipermalukan di menit-menit akhir oleh klub lain. Tengok saja di musim 2001/2002, mereka hampir saja merengkuh treble winner namun yang didapat hanyalah treble runner-up atau kebiasaan lama mereka yang suka sekali menjual pemain bintangnya di masa lalu. Tapi yang lebih menyakitkan bagi fans Bayer 04 Leverkusen ialah klub kesayangan mereka disebut orang-orang tidak mempunyai tradisi baik di akhir musim dan akan terus begitu. Lalu bagaimana dengan FC Schalke 04 dan Borussia Mönchengladbach? Kedua klub ini entah mengapa setiap musim hasilnya selalu membuat saya terkejut. Musim ini papan bawah, malah hampir degradasi, musim depannya masuk zona UCL dan begitu seterusnya. Tapi kalau dilihat dari penampilan sejauh ini, nampaknya salah satu dari empat klub tersebut akan merebut meisterschale dari FC Bayern di akhir musim.

Jadi, siapa penguasa Bundesliga? jawabannya tergantung dari sisi mana anda melihatnya…

Muhammad ‘Moad’ Masyhur
@13Moad





Share this post :

Masukkan email untuk berlangganan:

Delivered by Angkringanwarta

 
Ayo kirim tulisanmu ke : angkringan123@gmail.com
Copyright © 2012. AngkringanWarta - All Rights Reserved
Powered by Angkringanwarta