Berita Terbaru:
Home » » Gus Dur Jadi Pertimbangan SBY Tentukan Menpora

Gus Dur Jadi Pertimbangan SBY Tentukan Menpora

Written By angkringanwarta.com on Friday, January 04, 2013 | 16:16

Presiden SBY akhirnya angkat bicara terkait kosongnya kursi Menpora. Dia menegaskan, pengganti Andi Mallarangeng masih berasal dari internal Demokrat. Maka dengan demikian, peluang bagi kader dari partai politik selain Demokrat telah tertutup rapat.

Lantas siapa yang akan ditunjuk Presiden SBY sebagai Menpora pengganti Andi?  Hal tersebut masih menjadi tanda tanya tersendiri. Pasalnya, Presiden SBY masing enggan menyebutkan nama calon dari Menpora baru. “Saya akan mengumumkannya dalam waktu dekat,” kata Presiden SBY di sela-sela kunjungan mendadak ke perkampungan nelayan Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang, Jumat (4/1).

Adapun dari Demokrat sendiri, selama ini bermunculan sejumlah tokoh kader yang digembor-gemborkan akan menduduki kursi Menpora baru. Dari sejumlah tersebut, antara lain Wasekjen PD Ramadhan Pohan, Ketua Komisi X DPR Agus Hermanto, Khotibul Umam.

Selain nama-nama tersebut, masih ada beberapa tokoh Demokrat yang digadang-gadang berpeluang sebagai pengganti Andi, yakni Anggota Dewan Pembina PD Hayono Isman, anggota Dewan Pembina PD Fauzi Bowo (Foke), dan Wakil Ketua Umum PD Max Sopacua juga disebut masuk dalam bursa calon Menpora.

Namun, sepertinya bagi politisi Demokrat dengan umur tak lagi muda akan kalah bersaing dengan politisi muda. Saoalnya, mengingat Presiden SBY selama dua kepemerintahan, SBY lebih cenderung memilih politisi yang masih muda, yakni Adhyaksa Daud dan juga Andi Mallarangeng.

Bahkan, Hayono Isman pernah menyatakan, orang yang mengisi kursi itu harus muda. "Saya enggak bisa jadi menpora. Jabatan menpora itu ditugaskan untuk politisi muda dan saya sudah tak muda lagi," ujar dia.

Dia menambahkan, salah satu faktor kursi menteri jatah Partai Demokrat itu adalah muda. "Itu yang saya tahu dari dulu. Pak Adhyaksa muda," imbuhnya.

Jika benar persoalan umur menjadi pertimbangan SBY, besar kemungkinan akan menyisakan dua kandidat kuat yang akan menjadi Menteri pengganti Andi, yakni Ramadhan Pohan dan Khotibul Umam.

Pasalnya, dari segi usia keduanya mempuanyai usia lebih muda dibandingan dengan para pesaingnya. Namun, khusus untuk Foke sendiri,  Presiden SBY enggan berjudi dengan elektabilitas mantan Gubernur DKI. Soalnya, Foke disebut-sebut terlibat dalam kasus Korupsi.

Untuk dua calon tersebut, baik Ramadhan Pohan dan Khatibul Umam Wiranu  merupakan dua kandidat kuat. Mengenai calon kuat sebagai calon Menteri diakui Anggota Dewan Pembina, Ahmad Mubarok.

"Khotibul itu orangnya Gus Dur yang ada di Demokrat kalau Ramadhan pengalaman di luar negeri," ujarnya.

Dari latar belakang keduanya, mungkin ini yang menjadi alasan kenapa Presiden SBY belum berani memutuskan siapa yang akan duduk menjadi Menteri pengganti Andi.  Namun, jika meninjau latar belakang Khatibul Umam Wiranu lebih jauh akan terselip hal yang menarik. Mengingat latar belakangnya yang merupakan orangnya Gus Dur.

Sebagaimana diketahui, hubungan antara Gus Dur dengan SBY pernah mengalami beberapa dinamika yang kurang harmonis. Bahkan belum lama ini, salah satu kader Demokrat, Sutan Bhatoegana sempat memanas dengan para pencinta Gus Dur. Politisi partai besutan SBY ini dianggap menghina Gus Dur.

Apalagi, juru bicara Gus Dur Adhie M Massardi ikut meramaikan konflik antara Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum. Adhie menyatakan, konflik tersebut merupakan karma yang didapat SBY lantaran perbuatan SBY. Saat itu, imbuhnya,  Gus Dur dan Muhaimin Iskandar berseteru di tubuh PKB.

"Dulu saat ada perpecahan antara pihak Gus Dur dan Muhaimin, SBY juga mendukung Muhaimin. Seratus persen saya percaya ini kualat Presiden SBY pada Gus Dur. Dia juga mengalami hal yang sama dengan Anas. Makanya segera minta maaf ke Gus Dur," kata Adhie.

Maka, jika SBY ingin memperbaki hubungan antara pendukung Gus Dur dengan tujuan meraih citra Demokrat dalam Pilpres 2014, besar kemungkinan SBY akan menunjuk Khatibul Umam Wiranu sebagai Menpora.

Tapi, jika SBY masih menyimpan dendam, lantaran dirinya pernah dipecat Gus Dur saat menjabat Menkopolkam dalam pemerintahan Gus Dur, terlepas dari permasalahan waktu itu, maka pilihanya akan jatuh pada Ramadhan Pohan.



(Yatna/ berbagai sumber)



Share this post :

Masukkan email untuk berlangganan:

Delivered by Angkringanwarta

 
Ayo kirim tulisanmu ke : angkringan123@gmail.com
Copyright © 2012. AngkringanWarta - All Rights Reserved
Powered by Angkringanwarta