Berita Terbaru:
Home » , » Hujan Meteor Pertama di Tahun 2013

Hujan Meteor Pertama di Tahun 2013

Written By Eko Marwanto on Tuesday, January 01, 2013 | 02:13

The Quadrantid meteor shower should give skywatchers looking up at the Eastern sky (shown here) a good show when it peaks in the early hours of Thursday morning (Jan. 3) this week. Sumber: www.starrynightsoftware.com
Hujan meteor Quadrantid merupakan hujan meteor tahunan yang muncul setiap bulan Januari. Para pecinta astronomi dapat menikmatinya dengan menggunakan teropong bintang, pada daerah yang memiliki langit gelap jauh dari pancaran sinar benda langit lainnya, tempat tersebut berada pada belahan Bumi bagian utara.

Dikutip dari space.com, bagi mereka yang tahan dengan cuaca dingin di kutub utara diperkirakan akan ada penampakan hujan meteor sebanyak 40 meteor per jam pada kamis dini hari.

Para ilmuwan NASA menduga bahwa hujan meteor Quadrantid adalah puing-puing dari asteroid 2003 EH1 - sama seperti hujan meteor Geminid yang terjadi setiap Desember.

Hujan meteor Quadrantid terjadi ketika Bumi melewati aliran puing-puing dari komet yang menabrak atmosfer pada kecepatan 90.000 mph dan melintas 50 mil di atas planet.

Bagi anda yang tidak dapat langsung menyaksikan di kutub utara, NASA menyediakan tayangan video streaming online gratis dari 2 Januari - 4 Januari. NASA Marshall Space Flight Center di Huntsville, Alabama, memiliki kamera cahaya yang selalu diaktifkan dan memonitor langit untuk merekam sekaligus menyiarkan secara real time melalui tayangan video streaming.


Share this post :

Masukkan email untuk berlangganan:

Delivered by Angkringanwarta

 
Ayo kirim tulisanmu ke : angkringan123@gmail.com
Copyright © 2012. AngkringanWarta - All Rights Reserved
Powered by Angkringanwarta