Berita Terbaru:
Home » » Cara Mudah Membuat QR Code

Cara Mudah Membuat QR Code

Written By Eko Marwanto on Monday, December 17, 2012 | 18:43

Pernah lihat pamflet pengumuman atau poster iklan yang ada pada gambar di atas? Jika dilihat sekilas memang akan membingungkan, terutam bagi orang awam. Karena info dalam info tersebut ada tulisan kost putri namun kenapa gambarnya malah remang-remang seperti yang ada pada televisi yang tidak menangkap sinyal frekuensi dengan baik.

Dalam pamflet tersebut di pojok kanan bawah terdapat gambar kecil yang menginstruksikan untuk melakukan scan pada kode remang-remang yang ada di pamflet.

Kode yang ada pada gambar tersebut di kenal dengan nama QR Code (Quick Response Code), Yng artinya merupakan barcode matriks (dua-dimensi kode), kode tersebut pertama kali dirancang untuk industri otomotif. Namun, Baru-baru ini kode tersebut telah menjadi populer di luar industri otomotif sendiri karena dapat dibaca dengan cepat dengan menggunakan aplikasi smartphone yang terintegrasi internet dan kapasitas penyimpanan yang besar dibandingkan dengan standar barcode UPC.

Sama dengan Barcode-barcode yang sering kita temukan pada kemasan produk makanan minuman atau yang terdapat pada produk itu sendiri. Jika kita melakukan scan terhadap kode tersebut, maka akan muncul informasi sesuai dengan apa yang di input oleh penginput data.

Pada gambar QR code "kost wanita", di sana kita lihat masih ada sekilas informasi mengenai tempat kost yang di pasarkan, namun dalam beberapa QR Code, pembuat sengaja tidak menampilkan informasi sama sekali dan hanya membuat beberapa kata, agar target pelihat menjadi penasaran dan langsung melakukan scan pada QR Code tersebut.

Isi dari sebuah QR Code apabila di scan dapat berbagai macam, bisa diisi dengan sebuah website atau langsung mendownload file tertentu.

Cara untuk membuat QR Code ini sangat mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dipaparkan AngkringanTekno:

Teman-teman sekalian dapat membuat QR Code dengan cepat hanya dengan menggunakan QR Code Generator yang disediakan oleh beberapa website berikut:

1. http://qrcode.kaywa.com/
2.http://zxing.appspot.com/generator/
3. http://goqr.me/

Siapkan Isi dari QR Code yang akan kita buat, misalnya jika kita ingin menjual rumah, silahkan upload terlebih dahulu gambar rumah yang akan dijual, lalu simpan alamat url dari foto tersebut, kemudian masuk ke salah satu website di atas, lalu input urldan generate, jadi deh.

Untuk mengetes kode yang telah dibuat, silahkan siapkan aplikasi pembaca QR Code pada smartphone kita. Jika teman-teman menggunakan smartphone dengan platform android, kalian bisa langsung menuju Play Store lalu Search dengan kata kunci QR Code, pilih salah satu dan install. Setelah selesai menginstall Jalankan aplikasi dan lakukan scan terhadap QR Code yang telah dibuat sebelumnya, jika terbaca dan langsung menuju kepada isi yang telah di input berarti QR Code yang telah dibuat dapat bekerja dengan baik.
Selamat mencoba.!


Share this post :

Masukkan email untuk berlangganan:

Delivered by Angkringanwarta

 
Ayo kirim tulisanmu ke : angkringan123@gmail.com
Copyright © 2012. AngkringanWarta - All Rights Reserved
Powered by Angkringanwarta