Berita Terbaru:
Home » » Gulingkan Jokowi, DPRD Tengah Bermimpi

Gulingkan Jokowi, DPRD Tengah Bermimpi

Written By angkringanwarta.com on Thursday, May 30, 2013 | 12:59

Pengamat politik UIN Jakarta, Gun Gun Heryanto menilai upaya DPRD DKI Jakarta dalam menjalan hak interpelasi disertai pemakzulan terhadap pemerintahan Jokowi-Ahok tidak akan sanggup. Pasalnya, dukungan masyarakat terhadap pemerintahan Jokowi lebih tinggi ketimbang dukungan kepada DPRD.

“Kecerundungannya respek dan dukungan publik lebih mengarah kepada jokowi karena publik memiliki ekspektasi untuk melihat jakarta yang lebih baik,” ujarnya, di UIN Jakarta, (28/5).

Dia juga menilai upaya DPRD melakukan interpelasi terhadap Jokowi lebih disebabkan unsur politis. Sedari awal Jokowi memenangkan Pemilukada DKI Jakarta, pihak-pihak yang kini mengupayakan hak interpelasi adalah lawan-lawan politiknya. “Ini (hak interpelasi) didesaind orang-orang yang sejak awal tidak nyaman dengan posisi Jokowi,” jelasnya.

Apalagi kebijakan-kebijakan Jokowi yang lebih populis, lanjutnya, membuat kaget birokrasi DKI Jakarta, yang pada awalnya terbiasa dengan kebijakan-kebijakan elitis pemerintah. Jika pada pemerintahan sebelumnya kebijakan yang dibuat lebih memihak golongan menengah keatas, kini kebijakan yang diambil Jokowi lebih mengarah pada masyarakat kelas bawah, sebagaimana program Program Kartu Jakarta Sehat (KJS).

Menurutnya, KJS  adalah bentuk perhatian Jokowi untuk membagi distribusi kesehatan yang lebih merata bagi masyarakat Jakarta, maka jika ada permasalahan kecil dalam program ini, harusnya dilakukan pembenahan program, bukan dihapuskan. 

“Permasalahan KJS hanyalah permasalahan kordinasi pembayaran dan ini hanya riak-riak kecil. Maka DPRD tak perlu melakukan hak interpelasi. Jika DPRD benar melakukannya, itu terlalu membesar-besarkan persoalan kecil,” imbuhnya.

Namun, jika usulan interpelasi ini kemudian tetap dilanjutkan, bahkan hingga melakukan inpeachment,  maka bisa terjadi penentangan publik. “Karena, kepercayaan publik terhadap Jokowi-Ahok begitu tinggi,” tegasanya.

(Adit)


Share this post :

Masukkan email untuk berlangganan:

Delivered by Angkringanwarta

 
Ayo kirim tulisanmu ke : angkringan123@gmail.com
Copyright © 2012. AngkringanWarta - All Rights Reserved
Powered by Angkringanwarta