Berita Terbaru:
Home » » 5 Pemain Terbaik Dormund

5 Pemain Terbaik Dormund

Written By angkringanwarta.com on Sunday, August 04, 2013 | 04:48

Banyak yang bilang bahwa pasukan Dortmund di bawah kepemimpinan Jurgen Klopp dalam tiga tahun belakangan ini adalah yang terbaik yang pernah ada. 

Memang benar dan saya setuju dengan pendapat tersebut. Namun klub ini juga pernah melalui masa-masa emas di pertengahan 90an, termasuk berhasil meraih trofi Liga Champions pada pertama kalinya di tahun 1997. 

Berbagai pemain hebat pernah berperan dalam kesuksesan-kesuksesan Dortmund di masa lampau. Lalu siapa saja pemain terbaik yang pernah memakai jersey kuning dan hitam tersebut ? Di bawah ini ada 5 diantaranya:

5. STEFAN KLOSS
Stefan Kloss memang seorang Dortmund sejati. Ia lahir di Dortmund dan memulai karir profesionalnya di BVB. Pada musim keduanya bersama Die Borussen, ia secara teratur menjadi kiper utama menggantikan Wolfgang de Beer yang sudah bersama Dortmund sejak 1986. Kloss sangat berjasa dalam skuad Dortmund ketika ia membantu timnya meraih gelar Bundesliga berturut-turut dari musim 1994-95 sampai 1995-96. Kloss juga menjadi bagian dari generasi emas Dortmund yang meraih trofi Liga Champions pada tahun 1997. Dalam 17 tahun karirnya sebagai pesepakbola, ia hanya bermain untuk dua klub saja, yaitu Dortmund dan Rangers.

4. STEFAN REUTER
Dia adalah bagian dari tim Jerman yang berhasil meraih juara Piala Dunia 1990 di Italia. Sebelum bermain untuk Borussia Dortmundia pernah melalang buana di Nuremberg, Bayern Munchen dan Juventus. Selama di Dortmund antara tahun 1992-2004, Stefan Reuter menjadi pemain yang paling banyak tampil kedua setelah Michael Zorc. Bukti bahwa perannya di Dortmund sangatlah vital.

3. LARS RICKEN
Kalau Stefan Reuter adalah pemain yang paling banyak tampil kedua, maka yang ketiganya adalah Lars Ricken. Pemain yang paling dikenang karena gol indahnya ke gawang Juventus di final Liga Champions 1997. Gol yang ia cetak hanya 16 detik setelah masuk ke lapangan menggantikan Stephane Chapuisat. Selama 15 tahun karir sepakbolanya, ia hanya bermain untuk Borussia Dortmund, termasuk bersama tim reserve. Seringnya cedera membuat ia jarang tampil untuk tim nasional Jerman.

2. MICHAEL ZORC
Inilah dia pemain yang paling banyak tampil untuk BVB. Seorang Dortmund sejati yang sudah bermain hampir 600 kali sejak 1981 sampai 1998. Michael Zorc sudah sering menjadi kapten bagi klub, dan mendapatkan tempat yang spesial di hati setiap fans Dortmund. Sudah banyak gelar yang ia sumbangkan untuk Dortmund, bahkan ketika ia pensiun dan mendapatkan jabatan sport manager di dewan direksi klub.

1. MATTHIAS SAMMER
Sulitnya beradaptasi dengan sepakbola Italia membuat Matthias Sammer meninggalkan Inter Milan dan pindah ke Borussia Dortmund. Di musim keduanya bersama Dortmund, pelatih Ottmar Hitzfeld sempat mengganti perannya dari gelandang biasa menjadi libero. Hal ini ternyata membuahkan hasil. Perannya sebagai libero membantu Dortmund meraih berbagai trofi mulai dari dua gelar Bundesliga, Liga Champions, Piala Super UEFA, sampai Piala Intercontinental. Kehebatannya tersebut sempat membuat ia meraih gelar Pemain Terbaik Eropa di tahun 1996. Menyingkirkan dua nama tenar seperti Ronaldo (Barcelona) dan Alan Shearer (Newcastle United).

 Reza Fajri pemilik akun Twitter @rezafajri




Share this post :

Masukkan email untuk berlangganan:

Delivered by Angkringanwarta

 
Ayo kirim tulisanmu ke : angkringan123@gmail.com
Copyright © 2012. AngkringanWarta - All Rights Reserved
Powered by Angkringanwarta