Berita Terbaru:
Home » » Perayaan Idul Fitri Diperkirakan Dilakukan Serentak

Perayaan Idul Fitri Diperkirakan Dilakukan Serentak

Written By angkringanwarta.com on Sunday, August 04, 2013 | 18:40

Perbedaan tak ubahnya dua sisi mata uang. Satu sisi dapat membawa pada keindahan. Namun, sisi yang lain memicu kebingungan. Sebagai
mana yang dirasakan umat Muslim saat merayakan hari Idul Fitri Fitri 1434 Hijriah pada tahun-tahun sebelumnya.

Beruntung, pada tahun ini diperkirakan perayaan hari Lebaran akan berlangsung serentak pada 8 Agustus. Demikian disampaikan Deputi Bidang Sains Pengkajian Informasi dan Kedirgantaraan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN),  Prof Dr Thomas Djamaluddin.

"Idul Fitri tahun ini kemungkinan sama, karena pada saat itu hilal positif terlihat di seluruh wilayah Indonesia dengan ketinggiannya hampir mencapai 3,4 derajat," ujarnya,  di Jakarta, Minggu (4/8).

Kendati demikian, lanjutnya, agar dapat dipastikan pengamatan hilal tersebut atau dilakukannya rukyat pada 7 Agustus petang, yang dilanjutkan dengan sidang isbat." Tapi dengan cuaca seperti saat ini, rukyat akan mengalami hambatan. Kalau tidak terlihat, maka akan diputuskan melalui sidang isbat," jelas dia.

Djamal juga berharap ada upaya dalam penyatuan awal Ramadan dan Idul Fitri bisa diwujudkan dalam waktu dekat. Menurutnya, tinggal selangkah lagi upaya penyatuan kalendar Islam dapat terwujud.  "Tinggal selangkah lagi, tinggal bagaimana menyamakan batas kriteria yang bisa diterima oleh ormas-ormas Islam." Imbuhnya.
DS




Share this post :

Masukkan email untuk berlangganan:

Delivered by Angkringanwarta

 
Ayo kirim tulisanmu ke : angkringan123@gmail.com
Copyright © 2012. AngkringanWarta - All Rights Reserved
Powered by Angkringanwarta