Berita Terbaru:
Home » » 5 Transfer Terburuk Chelsea di Era Abramovich

5 Transfer Terburuk Chelsea di Era Abramovich

Written By angkringanwarta.com on Tuesday, August 27, 2013 | 22:29

Oleh Reza Fajri*

Tadinya saya mau menulis artikel tentang “5 Transfer Terbaik Chelsea”, tapi dipikir-pikir bosan juga menulis hal-hal yang terbaik seperti itu. Bagaimana kalau kita berbicara tentang hal-hal yang buruk, misalnya “5 Pembelian Terburuk Chelsea di Era Abramovich”.

Ada baiknya juga berbicara tentang kegagalan. Karena dari kegagalan itu kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran agar kegagalan tersebut tidak terulang lagi di masa depan. Namun kalimat mutiara seperti tadi nampaknya tidak dianut oleh Roman Abramovich, bos Chelsea. Berkali-kali ia melakukan kesalahan pembelian pemain. Berjuta-juta pound telah ia keluarkan untuk membeli beberapa pemain bintang, namun hasilnya malah tidak seperti yang diduga, alias gagal total. Di bawah ada 5 transfer yang menurut saya hasilnya jauh dari harapan. 5 transfer yang membuat Tuyul Gentong berkata: “gagal maning son, gagal maning.”

5. ADRIAN MUTU

Sebenarnya Mutu tidak jelek-jelek amat ketika berada di Chelsea. Di awal musim ia sempat mencetak 4 gol dalam 3 pertandingan, termasuk 2 gol ketika mengalahkan Tottenham Hotspur. Namun entah kenapa golnya semakin berkurang seiring dengan berjalannya musim.

Adrian Mutu adalah bagian dari transfer-transfer awal yang dilakukan oleh Abramovich. 15 juta pounds ia keluarkan untuk memboyong Mutu dari Parma. Ketika Jose Mourinho datang, ia mengalami masalah internal dengan sang pelatih asal Portugal tersebut. Setelah itu ia malah melakukan hal yang bodoh dengan mengkonsumsi kokain. Membuat ia terpaksa dikeluarkan oleh klub dan juga mendapatkan hukuman dari FA. Benar-benar pembelian yang tidak ber-Mutu.

4. JUAN SEBASTIAN VERON

Sudah jelas sekali si botak ini gagal bersinar di Manchester United, namun Chelsea tetap membelinya dengan harga mahal. 15 juta pounds dikeluarkan oleh Chelsea dengan harapan Veron bisa kembali ke performa terbaiknya. Masalah cedera membuat ia hanya tampil 15 kali untuk The Blues. Ketika Mourinho datang, tidak ragu lagu ia langsung dipinjamkan ke Inter Milan.

Melihat kegagalannya di Man United dan Chelsea, The Times sempat memasukan nama Veron ke daftar ‘50 transfer terburuk sepanjang sejarah Premiership’.

3. MATEJA KEZMAN

Bersama PSV Eindhoven, Mateja Kezman berhasil meraih berbagai prestasi dan penghargaan. Ia sempat digadang-gadang sebagai calon pemain terbaik Eropa. Namun semua berubah ketika ia tiba di Chelsea dengan nilai transfer 5,3 juta pound dan mewarisi nomor 9 dari Jimmy Floyd Hasselbaink. Semua kehebatannya selama di PSV seolah hilang tak berbekas. Ia hanya mencetak 7 gol dari 40 penampilan di semua kompetisi. Namun anehnya ia malah merasa bahwa karir terbaiknya justru ketika bersama Chelsea. Simak pengakuannya kepada Sky Sports pada 2011 berikut ini:

"Chelsea was the best thing in my career. That was the climax of my career, for sure. Living and playing in London was something that I will never forget. I don't know if I made a mistake because I moved away so quickly. Maybe I do and maybe I don't regret it, but I always believe in my decisions. But the transfer to Chelsea made my dreams come true. That was the best thing that ever happened to me. Maybe I could achieve more and I could have been more successful at Stamford Bridge, but I don't regret anything."

2. ANDRIY SHEVCHENKO

Андрі́й Микола́йович Шевче́нко alias Andriy Shevchenko adalah striker yang paling ditakuti di AC Milan. Ketika ia pindah ke Chelsea, semua mengira bahwa ia tetap menjadi striker yang garang di Premier League. Namun apa yang bisa diharapkan ? seperti Kezman, ia tak cukup banyak mencetak banyak gol untuk membuat Jose Mourinho terkesan. Harga 30 juta pound seakan-akan tidak artinya sama sekali.

Kita semua tahu rumor bahwa Jose Mourinho memang sama sekali tidak menginginkannya. Ketertarikan Mou pada Eto’o justru ditanggapi Abramovich dengan menghambur-hamburkan uang pada striker asal Ukraina tersebut. Piye toh ?

1. FERNANDO TORRES

50 juta pound namun penampilan seperti Ishizaki ? saya malas membahas orang yang satu ini.

Penulis aktiv Twitter: @rezafajri


Share this post :

Masukkan email untuk berlangganan:

Delivered by Angkringanwarta

 
Ayo kirim tulisanmu ke : angkringan123@gmail.com
Copyright © 2012. AngkringanWarta - All Rights Reserved
Powered by Angkringanwarta