Berita Terbaru:
Home » » Petisi Tolak Gelar Pahwalan Untuk Sarwo Edhie

Petisi Tolak Gelar Pahwalan Untuk Sarwo Edhie

Written By angkringanwarta.com on Tuesday, November 12, 2013 | 22:50

Sebagaimana yang sudah-sudah, tiap memperingati Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November bakal direkomendasikan sejumlah orang untuk dianugrahi gelar pahlawan. Salah satunya, mendiang Letnan Jenderal TNI (Purn) Sarwo Edhie Wibowo.

Sayangnya, penganugrahan gelar pahlawan terhadap Sarwo Edhie, telah ditandatangani SBY dan akan diberikan kepada perwakilan keluarga pada 2014 mendatang  menuai sejumlah penolakan berbagai pihak.

Melalui akun jejaring sosial, twittter  menolak dengan tegas gelar pahlawan tersebut. Salah satunya, Anonymous_TAoK , pemilik akun ‏@Anonymous_TAoK berharap jangan sampai gelar pahlawan diberikan kepada Sarwo Edhie. "Jangan sampai Sarwo Edhie Wibowo dijadikan pahlawan nasional," kicaunya.

Apa sebab? Sejarah mencatat pembantaian massal terjadi di Jawa Tengah dan sebagian Jawa Timur. Sarwo Edhie mencatat korban tewas tak kurang dari 3 juta orang. Dalam buku 'Perjalanan Seorang Wartawan Perang' yang diterbitkan Pustaka Sinar Harapan, wartawan senior Hendro Subroto melukiskan peristiwa itu penumpasan G30S di Jakarta.

Kemudian, Kolonel Sarwo Edhie yang memimpin pasukan Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) bergerak ke Jawa Tengah, yakni Solo yang saat itu menjadi salah satu basis PKI. Di sana, pasukan ini juga kerap melakukan konvoi keliling kota dengan panser dan puluhan truk pasukan RPKAD.

Saat ribuan massa berkumpul, Sarwo kerap memprovokasi agar rakyat berani agar berani melawan PKI. "Jika dibayar Rp 10 juta saja kalian tidak mau dipotong lehernya, jangan berikan leher kalian secara gratis pada PKI. Kalian lawan PKI. Jika kalian takut, ABRI berada di belakang kalian. Jika kalian merasa tidak mampu, ABRI bersedia melatih," kata Sarwo disambut sorak sorai massa.

Sarwo melatih pemuda-pemuda maupun aktivis ormas antikomunis. Rakyat ikut bangkit melawan PKI. Merekalah yang kelak menjadi jagal bagi para anggota PKI, atau simpatisan, atau orang yang dituding sebagai PKI.

Atas dasar itulah, Soe Tjen Marching menggagas petisi penolakan terhadap anugrah pahlawan terhadap Sarwo. PETISI MENOLAK GELAR PAHLAWAN UNTUK SARWO EDI ( https://www.change.org/petitions/the-president-of-indonesia-don-t-make-sarwo-edhie-a-hero# )



Share this post :

Masukkan email untuk berlangganan:

Delivered by Angkringanwarta

 
Ayo kirim tulisanmu ke : angkringan123@gmail.com
Copyright © 2012. AngkringanWarta - All Rights Reserved
Powered by Angkringanwarta