Berita Terbaru:
Home » , » 14 Manfaat Mengkonsumsi Mentimun

14 Manfaat Mengkonsumsi Mentimun

Written By angkringanwarta.com on Friday, January 10, 2014 | 02:06

Siapa yang tak mengenal mentimun? Jenis sayur atau buah banyak digunakan sebagai bahan kecantikan. Dengan kandungan yang dimiliki timun, ternyata kesegarannya juga bermanfaat untuk kesehatan. Ya, cairan di dalammya ternyata mengandung, mengandung serat, potasium, dan magnesium.

Dari ketiganya berperan sebagai anti-oksidan yang berfungsi penyeimbang efek natrium dan zat besi heme pada daging yang berpotensi meningkatkan tekanan ( baik tekanan darah tinggi maupun rendah).

Berdasarkan keterangan gizi, Dr Saptawati Bardosono, bukan hanya mentimun yang bisa mengontrol tekanan darah tinggi maupun rendah, juga bisa diperoleh dari sayur dan buah jenis apa pun.
Selain itu, masih terdapat manfaat lainnya dapat diperoleh tubuh, antara lain:

1. Mengembalikan cairan tubuh
Mentimun bisa mengembalikan cairan yang banyak keluar. Sebab itu, jika merasa belum minum cukup air maka sebaiknya segera makan mentimun.

2. Melawan panas dari luar dan dalam tubuh
Mentimun baik untuk mencegah rasa panas dari dalam tubuh. Saat panas terik, Anda juga bisa mengaplikasikan mentimun pada kulit untuk menjaga kelembabannya.

3. Mengurangi racun dalam tubuh
Air yang terkandung dalam mentimun dapat membersihkan limbah dari dalam tubuh. Mamakan buah ini secara rutin dapat melarutkan batu ginjal.

4. Mencukupkan kebutuhan vitamin sehari-hari
Vitamin yang terkandung dalam mentimun, yakni vitamin A, B, C . Vitamin bermanfaat untuk memperkuat sistem imun yang melindungi tubuh sehari-hari.

5. Memberi cukup mineral untuk kulit
Selain vitamin tersebut, mentimun mempunyai kandungan potasium, magnesium, dan silikon yang tinggi. Sebab itu, mentimun sebagai bahan dasar tindakan spa untuk merawat kulit.

6. Membantu pencernaan dan pengurangan berat badan
Mengunyah mentimun merupakan olahraga rahang dan seratnya baik untuk pencernaan. Tak hanya itu, air yang terkandung dan kalori yang rendah menjadikan buah ini sebagai pangan ideal untuk menurunkan berat badan. Konsumsi mentimun dalam hidangan sehari-hari baik untuk mengobati konstipasi kronis.

7. Memperbaiki tampilan mata
Letakan potongan mentimun pada kelopak mata. Langkah ini dapat memperbaiki mata yang tengah bengkak. Timun akan mengurangi bengkak dan kantong mata sehingga membuat wajah tampak lebih segar.

8. Melawan kanker
Mentimun mengandung secoisolariciresinol, lariciresinol, dan pinoresinol, yang bermanfaat untuk pengurangan risiko beberapa tipe kanker seperti kandung telur, payudara, prostat, dan saluran air kecil (uterine).

9. Mengurangi efek diabetes dan kolesterol
Mentimun mengandung hormon yang dibutuhkan sel pankreas untuk memproduksi insulin. Produksi insulin membantu tubuh mengontrol kandungan gula darah pada pasien diabetes. Timun juga mengandung sterol yang mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

10. Menyegarkan bau mulut
Jus mentimun mengobati dan menyegarkan bau napas akibat sakit gusi.Pasalnya, kandungan fotokemikal mentimun akan membunuh bakteri, yang mengakibatkan bau napas tak sedap.

11. Melembutkan rambut dan kuku
Mineral silika dalam mentimun membuat rambut dan kuku lebih kuat dan bersinar. Kandungan sulfur dan silika terbukti merangsang pertumbuhan rambut.

12. Mendukung kesehatan sendi dengan mengobati "arthritis" dan gangguan pada persendian
Mentimun adalah sumber yang baik untuk kesehatan sendi dengan memperbaiki jaringan yang saling berhubungan.

13. Mengatasi pusing
Rajin makan timun dapat menghindari pusing saat bangun pagi. Makan beberapa iris mentimun sebelum tidur. Kandungan vitamin B, gula, dan elektrolit akan mengembalikan nutrisi dan mengurangi pusing pada pagi hari.

14. Menjaga ginjal tetap sehat
Mentimun akan menekan tingkat asam uric dalam tubuh dan menjaga ginjal tetap sehat.

Share this post :

Masukkan email untuk berlangganan:

Delivered by Angkringanwarta

 
Ayo kirim tulisanmu ke : angkringan123@gmail.com
Copyright © 2012. AngkringanWarta - All Rights Reserved
Powered by Angkringanwarta