Berita Terbaru:
Home » , » Warso Durian Tempat Berwisata Sekaligus Berburu Durian

Warso Durian Tempat Berwisata Sekaligus Berburu Durian

Written By angkringanwarta.com on Saturday, January 04, 2014 | 04:59

 Oleh Azami

Bagi pemburu durian atau bagi mereka yang kebetulan melewati Bogor coba luang waktu sejenak untuk berkunjung kawasan Desa Cihideung, Kec. Cipelang, Kab. Bogor. Semoga tidak mengecewakan. Soalnya, kawasan tersebut telah menyediakan lahan seluas 8,5 ha yang dipenuhi dengan aneka ragam buah-buahan dan tentunya pemandangan begitu asri, yakni Warso Durian.

Warso Durian sendiri diambil dari pemilik sekaligus pengelola kebun yakni, seorang pensiunan jenderal TNI Angkatan Darat bernama Soewarso Pawaka. Sementara Durian, sudah pasti diambil karena sodoran utama dari Warso Durian adalah duriannya.

Yups, Warso Durian bakal memuaskan Anda  sekeluarga untuk menyantap durian. Apalagi, Warso Durian dikenal sebagai surganya durian. Sebagai tuan rumah, Warso  telah menyiapakan berbagai macam jenis pohon durian yang jumlahnya sekitar 900 pohon dan terdiri dari 19 jenis dan 7 varietas unggul yang di antaranya adalah Monthong, Lay, Petruk, Sunan, Si Mas, Tembaga.

Bagaimana? Semoga saja acara menyantap durian dengan kesujukan alam pegunungan dan sawah terpuaskan, sebagaimana saya dan keluarga yang menghabiskan liburan akhir pekan bersama keluarga. Maka tak ada salanya, jika Anda bersama keluarga atau pasangan sesekali datang untuk mengisi liburan.

Jika sudah bosan dengan durian atau kurang begitu menyukainya, Anda juga dapat menikmati buah-buah lainnya, seperti  buah Naga, nangka, jambu monyet.

Kendati demikian, saya sekeluarga terlebih dahulu memasuki sebuah pintu gerbang seperti halnya tempat-tempat wisata pada umumnya. Namun, tak perlu khawatir. Soalnya, tak ada pungutan biaya atau pun mengantri panjang. 

Usai melewati gerbang disusul dengan perjalan mendaki dengan menaiki anak tangga. Untunya, selama dalam perjalanan ini akan terbantu sejuknya udara dan juga suara lembut air dari sungai kecil seakan memberikan energi tambahan.

Akhrinya rasa lelah terbayar lunas, sejuah mata memandang akan terlihat pohon durian yang tengah berbuah dan juga sebagiannya ditanami pohon buah naga. Sayangnya, untuk dapat langsung memetik buah-buahan ini tergantung apakah memang tengah musim panen atau tidak.

Biasanya, musim panen akan terjadi pada Desember hingga Mei dan puncaknya terdapat di bulan Januari hingga Maret. 

Tapi itu bukan berariti itu menjadi kendala dalam menyantap durian. Soalnya, sebagai gantinya, Warso Durian menyediakan tempat khusus untuk para pengunjung yang ingin membeli buah durian dan buah naga dengan tempat yang nyaman dan cozy mirip sebuah café.

Mengenai harga, Anda tak perlu merasa khawatir sebab Warso Durian membandrol harga durian dengan harga ekonomis. Untuk dapat menikmati durian monthong biasanya akan dihitung per kilonya.
Anda harus merogoh kocek Rp.35ribu/kg. Hitungan kilo sudah ada pada batang durian. Sedangkan untuk durian lokal akan dihargai per buahnya. Sementara itu, untuk harga buah Naga biji merah dijual seharga 35ribu/ kg.

Kenikmatan santap durian tersebut juga bisa memilih sendiri sesuai selera dan dapat ditukar jika tak sesuai selera.  Saya sarankan dalam memilih durian sebaiknya Anda mengajak teman yang jago memilih karena durian yang ditawarkan ada yang memiliki rasa tawar dan manis. Setelah memilih dan setuju untuk dibeli baru dapat dibayar.

Tak hanya itu, kenikmatan semakin bertambah dengan tawaran berbagai variasi kuliner berbahan dasar durian. Ada es durian atau jus durian, ketan durian, surabi durian, dan macam-macam kerupuk  dengan harga yang ekonomis. Merogoh kocek Rp.10ribu/porsinya, Anda bisa langsung menyantapnya di tempat atau ditenteng pulang sebagai oleh-oleh.

Maka bagi anda yang masih kebingungan mencari tempat untuk berwisata. Warso Durian Bogor dapat menjadi daftar referensi anda sebagai tempat tujuan wisata. Selamat menikmati liburan anda di akhir pekan.



Share this post :

Masukkan email untuk berlangganan:

Delivered by Angkringanwarta

 
Ayo kirim tulisanmu ke : angkringan123@gmail.com
Copyright © 2012. AngkringanWarta - All Rights Reserved
Powered by Angkringanwarta