Berita Terbaru:
Home » » LAB TEATER CIPUTAT

LAB TEATER CIPUTAT

Written By angkringanwarta.com on Sunday, March 18, 2012 | 23:37

Sekumpulan orang-orang gila terhadap dunia teater. Dengan kegilaannya pada akhirnya, mereka berniat untuk membangun dan menciptakan bagian dalam sejarah perkembang teater di Indonesia.

Dan pada akhirnya, pada 1 Desember 2005 sebuah organisasi teater berhasil didirikan. Sebuah organisasi yang terbuka dan mandiri dalam menjalana visi sebuah Labotatium teater yang kreatif dan produkti.

Maka untuk mewujudkan visi itu, Lab Teater melakukan eksperimen-eksperimen kreatif teater melalui penelitian, observasi, diskusi dan workshop dengan melibatkan beragam sumber daya dari berbagai latar belakang (musisi, penulis, perupa, penari, dan peneliti) dengan mempertimbangkan berbagai sumbangan lintas disiplin pengetahuan dan kearifan tradisi yang bernilai kemanusiaan dan kebudayaan.

Dalam penelitan yang dilakukannya, mereka mengkonsentrasikan pada studi dan penelitian teater dari naskah dan artistik, entah itu dengna cara diskusi, seminar, workshop, dan meneliti warisan tradisi lokal dari berbagai daerah yang selanjutnya dipertemukan pada sintesis kreatif dengan arus-arus baru penciptaan teater dari berbagai penjuru dengan tetap berpijak pada prinsip-prinsip kebebasan kreatif.

Setelah diteliti selanjutnya Lab Teater juga melakukan sebuah eksperimen secara kreatif. Eksperimen dilakukan agar terwujunya proses penciptaan karya kreatif teater. Dalam melakukan eksperimen Lab Teater Ciputat dengan dibantu orang-orang bergiat dalam latar belakang (musisi, penulis, penari, dan peneliti). Ini penting dilakukan agar penciptaan kreatif di dunia teater benar-benar memiliki landasan disiplin pengetahuan dan kearifan tradisi yang bernilai kemanusiaan.

Setelah itu, tinggal eksperimen dimunculkan pada publik atau kata yang tepat publikasi karya. Publikasi karya bukan hanya sekadar menyebarluasan dengan cara pentas atau sebuah terbitan dalam memperkenalkan sebuah ide-ide ke hadapan khalayak publik kesenian dan masyarakat luas. Publikasi karya juga bertujuan mampu menambah kekayaan khazanah teater, mendorong perdebatan publik yang sehat di wilayah kritik seni pertunjukan.

Lepas dari hal-hal yang diatas, apabila ingin lebih tahu tentang LAB TEATER CIPUTAT dari segi info lebih lengkap, agenda, dan lain-lainya tinggal kunjungi http://labteater.org/

Share this post :

Masukkan email untuk berlangganan:

Delivered by Angkringanwarta

 
Ayo kirim tulisanmu ke : angkringan123@gmail.com
Copyright © 2012. AngkringanWarta - All Rights Reserved
Powered by Angkringanwarta