Berita Terbaru:
Home » » Fundraising Biaya Pengobatan G. Junus Aditjondro

Fundraising Biaya Pengobatan G. Junus Aditjondro

Written By angkringanwarta.com on Wednesday, July 11, 2012 | 03:09

Goerge Junus Aditjondro dirawat di Rumah Sakit Bathesda, Jogja.
(sumber gambar: suaramerdeka.com)

Kepada kawan-kawan yang baik,

Kami dan kolega dekat keluarga George Junus Aditjondro dan Erna Tenge, serta Enrico Aditjondro, hendak galang dana guna bantu biaya pengobatan Aditjondro yang dirawat di rumahsakit Bethesda, Yogyakarta. Sejak awal Juni, Aditjondro mengalami stroke akut, langsung dibawa ke UGD dan, dalam waktu begitu cepat, menjalani operasi bedah guna mengeluarkan darah membeku di otak kecil. Kini Aditjondro dirawat di ICU kamar 10.

Dia sempat keluar dari ICU tapi cuma bertahan sehari. Kondisi tubuhnya sulit untuk stabil. Infeksi paru-paru, diabetes, jantung, memicu apa yang disebut dokter “sulit memprediksi” progresi kesembuhannya. Dia kadang membaik tapi juga, serumit selang ventilator yang ditanam di tubuhnya, bisa cepat memburuk.

Pada 9 Juli, dia mengalami pendarahan lambung. Kolega dekatnya segera menggalang donor darah B. Kadar hemoglobin dia turun dari 7 jadi 5—normalnya 13-15 Hb. Namun transfusi darah belum bisa dilakukan karena demamnya belum turun.

Esok paginya, Erna Tenge, istri Aditjondro, mengatakan dari saran dokter bahwa “Bapak akan butuh lebih banyak darah B” guna jaga-jaga nanti bila diperlukan saat bulan puasa, bulan suci umat Islam, di mana mereka yang menjalani ibadah puasa tidak boleh makan dan minum sebelum waktunya, termasuk mendonor darah.

Kesehatan Aditjondro tak pernah stabil sejak menderita kencing manis. Dia diharuskan cek rutin, minum banyak obat atas petunjuk medis, dan tubuhnya cepat mengalami komplikasi. Dia juga diharuskan untuk lebih sering istirahat. Tubuhnya begitu sensitif hingga dokter, yang merawatnya tahun lalu di Jakarta, mengatakan Aditjondro mengalami “metabolisme syndrome”.

Setiap minggu rumahsakit Bethesda mengeluarkan pemutakhiran “rincian biaya perawatan”. Hingga pekan ini seluruh biayanya sebesar Rp 201,067,200. Sementara ini keluarga baru membayar Rp 26,700,000. Total sisa yang harus dibayar Rp 174,367,200.

Bukti rincian biaya perawatan bisa dilihat dalam gambar berikut ini:

(Rincian biaya perawatan per 1 juni 2012--10 Juli 2012. Sumber gambar; fahrisalam)
Kami akan update perkembangan Aditjondro setiap pekan, beserta biaya pengobatan, demi transparansi. Perbaruan biaya ini akan kami tulis di sini, atau bagi Anda yang ingin informasi langsung, bisa kontak kami atau via email bila Anda berkenan cantumkan email. Kami sangat berterimakasih atas bantuan Anda demi meringankan biaya pengobatan Aditjondro.

“Berapa saja, asal kita bergandeng tangan untuk saling bantu, demi kesembuhan Abang,” kata Erna Tenge.

Sila transfer donasi Anda ke rekening di bawah ini:

Bank Negara Indonesia Palu Sulawesi Tengah
Nomor rekening 008 171 5855
Atas nama Ibu Erna Tenge, SE MS

Bank Central Asia cabang Wahid Hasyim
Nomor rekening 478 015 6002
Atas nama Enrico Suryo Aditjondro

Sila kontak kami untuk info lebih lanjut:

Erna Tenge 0813 4110 9244
Enrico Aditjondro 0815 9149 515
Woro Wahyuningtyas 0852 9222 3747
Junior Hafid Heri 0812 262 3456
Fahri Salam 0815 7867 3591

NB:  Tulisan ini sengaja kami ambil utuh dari jurnalis  Fahri Salam, karena jasa beliau, Pak George Junus Aditjondro yang sudah begitu besar untuk gerakan civil society di Indonesia. Beliau adalah aktivis yang sudah sejak lama menentang tirani dan penindasan.

Kamu tidak sendirian, Junus.

Tabik
Redaksi angkringanwarta.com



(Dedik)



Share this post :

Masukkan email untuk berlangganan:

Delivered by Angkringanwarta

 
Ayo kirim tulisanmu ke : angkringan123@gmail.com
Copyright © 2012. AngkringanWarta - All Rights Reserved
Powered by Angkringanwarta