Berita Terbaru:
Home » » Gaet Caleg, PKS Lupa Ideologi

Gaet Caleg, PKS Lupa Ideologi

Written By angkringanwarta.com on Saturday, December 22, 2012 | 14:45


Maraknya partai politik di Indonesia  namun, apakah dari setiap partai benar-benar mempunyai ideoligi? Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang semula bernama Partai Keadilan (PK) ini pernah begitu gencar melarang pimpinan Partai Demokrasi Perjuangan Indonesian (PDIP) Megawati sebagai Presiden dengan dalih agama.  PKS  menetapkan diri sebagai salah satu partai berideologi Islam sama halnya PPP, PKB.

Namun,  sebutan PKS sebagai partai berasaskan Islam tak berlaku untuk kawasan Indonesia bagian timur, yang berpenduduk mayoritas non muslim. Soalnya, PKS akan mengakomodasi caleg non-muslim bertarung dalam pemilihan legislatif. "Ada kalangan non-muslim yang akan dicalonkan PKS ini merupakan perwakilan dari daerah-daerah di timur," kata ketua Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid, di Jakarta.

Asalkan, mereka dapat memenuhi persyaratan yang ditetapkan partai. "Bisa saja dari non-muslim, selama syaratnya terpenuhi. Tinggal sejauh mana calon itu dipersepsikan publik," ujarnya.

Hidayat sendiri mengakui pernah merekrut kader dari non-muslim, pada pemilu lalu. Hidayat mencontohkan ada beberapa pejabat daerah baik di tingkat eksekutif maupun legilslatif dari PKS yang merupakan non-muslim. "Ada tersebar di Maluku, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Sulawesi Utara, dan Toraja," ujarnya.

Kendati demikian, Hidayat menegaskan, PKS tidak akan membuat perjanjian politik dengan organisasi massa manapun untuk mendongkrak suara. Menurutnya, kontrak politik dengan ormas-ormas keagamaan hanya akan menimbulkan konflik kepentingan.

Lalu bagaimana dengan partai politik lainnya? Perbedaan ideologi  juga pernah terjadi pada PDIP.

Hal itu terjadi saat Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo berselisih paham dengan Joko Widodo kala menjabat walikota Solo. Keduanya berselisih (2011) ketika walikota Solo Jokowi menolak rencana pembangunan mall di atas lahan bangunan kuno bekas pabrik es Saripetojo,  Kampung Jantirejo. (Yatna) 


Share this post :

Masukkan email untuk berlangganan:

Delivered by Angkringanwarta

 
Ayo kirim tulisanmu ke : angkringan123@gmail.com
Copyright © 2012. AngkringanWarta - All Rights Reserved
Powered by Angkringanwarta