Berita Terbaru:
Home » » Koleksi The Beatles Terlengkap di Asia Tenggara Ada di Tangsel

Koleksi The Beatles Terlengkap di Asia Tenggara Ada di Tangsel

Written By angkringanwarta.com on Friday, January 25, 2013 | 21:02


Anda penggemar The Beatles? Anda tidak usah terbang ke Inggris untuk menjumpai segala pernak-pernik yang berhubungan dengan band legendaris tersebut. Mulai dari merchandise, pita rekaman, album kaset, hingga instrumen musik yang dipakai The Beatles, bisa anda jumpai di “Rumah Beatles”.

Bertempat di Serpong Park Blok G1 No 33, Jalan Lengkong Raya, Kelurahan Jelupang, Tangerang Selatan ini, merupakan museum mini The Beatles satu-satunya yang ada di Indonesia.

Rumah Beatles sendiri tidak hanya dikemas dalam bentuk museum yang memajang segala pernak-pernik The Beatles, tapi sekaligus menjadi toko online dan offline yang menjual segala macam hal yang berhubungan dengan The Beatles.

Jangan salah, beberapa miniatur yang dibuat Arfan Hidayat sebagai pemilik ini tidak hanya dijual di dalam negeri, tapi juga sudah melintas ke beberapa negara.

Bermula dari pembuatan miniatur alat-alat musik itulah, Arfan memulai bisnis merchandise The Beatles secara professional. Sosok pria kelahiran Makassar empat puluh tahun lalu itu dikenal tidak hanya sebagai kolektor pernak-pernik The Beatles, melainkan sebagai pemain musik yang memainkan lagu-lagu The Beatles dan sampai sekarangpun ia dikenal masih aktif bermain band dengan grup musiknya yang bernama Fourbeat.

Ditemui di Rumah Beatles, Arfan bercerita banyak mengenai awal mulai berdirinya Rumah Beatles. “Awalnya, Rumah Beatles ini dimulai dari saya seorang. Namun setelah melihat perkembangannya saat ini akhirnya menarik tiga anggota baru,” kata Arfan kepada angkringanwarta.

Lanjutnya, perajin-perajin lokal Indonesia turut mendukung  Rumah Beatles.  “Saat ini saja sudah di dukung perajin kulit dari Garut, perajin resin dari Bandung, perajin suvenir dari Bogor, dan perajin aksesori dari Tangerang,” jelasnya.

Dukungan juga terus berdatangan dari organisasi pencinta The Beatles dari Bandung, yaitu Bandung Beatles Fans Club (BBFC) serta dukungan lannya berasal dari berbagai kelompok, komunitas, dan pencinta The Beatles di Facebook.

Arfan menjelaskan, koleksi Rumah Beatles memang masih belum bisa dikatakan sebagai terlengkap di dunia, tapi bisa dikatakan sebagai yang terlengkap di Indonesia, bahkan bisa dikatakan Terlengkap di Asia Tenggara.

Karena menurut Arfan, beberapa tanggapan dari para senior musisi dan pencinta The Beatles Indonesia yang sering datang ke tempatnya menyebut Rumah Beatles merupakan Terlengkap di Asia Tenggara. “Dari keterangan para senior dan setahu saya setelah menjelajah berbagai negara, mungkin di Asia Tenggara Rumah Beatles masih yang terlengkap koleksinya,” kata Arfan.

Ia menambahkan, khusus peralatan musik yang dikoleksi oleh Rumah Beatles semuanya didatangkan dari luar negeri dengan cara pemesanan langsung. Biasanya dengan menitip beli dengan bantuan dari teman-temannya yang sering bolak-balik dari dan ke luar negeri. Salah satu orang yang sering mendukung Rumah Beatles dalam hal pengadaan peralatan musik The Beatles ini adalah Hanna McGanzel, bassist KoesBeat Band.

“Saat ini Rumah Beatles juga menerima jika ada yang ingin menjual atau menitip jual baik peralatan musik The Beatles maupun memorabilia The Beatles,” katanya.

Meski Rumah Beatles baru resmi berdiri pada 16 Juli 2011, koleksi Arfan sudah sangat lengkap, mulai dari miniatur alat musik The Beatles, kaus dan pakaian, buku sejarah dan musik The Beatles hingga album kaset, dan piringan hitam (PH).

Selain itu, beberapa alat musik yang mirip dimainkan The Beatles, seperti gitar Rickenbacker bertanda tangan John Lennon, gitar Gretsch George Harrison, bas Hofner yang identik dengan Paul McCartney, hingga drum set Ludwig yang kerap diidentikkan dengan Ringo Starr juga ada di Rumah Beatles.


(Ahmad)



Share this post :

Masukkan email untuk berlangganan:

Delivered by Angkringanwarta

 
Ayo kirim tulisanmu ke : angkringan123@gmail.com
Copyright © 2012. AngkringanWarta - All Rights Reserved
Powered by Angkringanwarta