Berita Terbaru:
Home » » Malaysia Klaim Tor-tor, Pemerintah Indonesia Harus Tegas

Malaysia Klaim Tor-tor, Pemerintah Indonesia Harus Tegas

Written By angkringanwarta.com on Monday, June 18, 2012 | 13:38

Anggota Komisi II DPR RI, Akbar Faisal meminta pemerintah Indonesia harus tegas terkait klaim Malaysia terhadap tari Tor-tor dan Gondag Sembilan. Sebab, sengketa kebudayaan seperti ini sudah seringkali terjadi.

pemerintah harus menuntut Malaysia secara hukum dengan tuntutan pencurian hak intelektual. Hal itu harus dilakukan agar Pemerintah Malaysia jera melakukan klaim atas kebudayaan Indonesia.

Menurut Akbar, apa yang dilakukan Malaysia dengan mengklaim tari Tor Tor dan Gondang Sembilan dari Mandailing Sumatera Utara sebagaimana dirilis Bernama (kantor berita Malaysia), memperlihatkan bahwa Malaysia tidak layak disebut negara jiran.

“Kesabaran kita sebagai bangsa habis dan sudah tidak bisa dibiarkan perbuatan klaim-klaim yang dilakukan Malaysia. Klaim atas tari Tor-Tor tidak bisa dibenarkan,"ujar Akbar Faisal, anggota Komisi II dari Fraksi Hanura di gedung DPR, Jakarta, Senin (18/06/2012).

Akbar menilai, pemerintah Malaysia sudah selayaknya memiliki rasa malu di mata masyarakat Indonesia, Malaysia tidak ubahnya dengan maling, karena selalu mengklaim hak intelektual Indonesia.

Dia meminta Malaysia harus menghormati kebudayaan yang sudah digariskan menjadi hak milik indonesia. "Malaysia sebagai negara tatangga harus menghormati Indonesia. Malaysia jangan sekali-kali mengklaim kebudayaan atau wilayah Indonesia karena rakyat Indonesia pasti akan memberikan refleks yang keras karena hal itu," ujarnya.

(Supri)



Share this post :

Masukkan email untuk berlangganan:

Delivered by Angkringanwarta

 
Ayo kirim tulisanmu ke : angkringan123@gmail.com
Copyright © 2012. AngkringanWarta - All Rights Reserved
Powered by Angkringanwarta