Berita Terbaru:
Home » » Pengamat Politik: Indonesia Tak Butuh Pimpinan Blusukan

Pengamat Politik: Indonesia Tak Butuh Pimpinan Blusukan

Written By angkringanwarta.com on Thursday, October 10, 2013 | 17:40

Sejumlah survei menyebutkan populeritas Gubernur DKI Jakarta, Jokowi menguguli kandidat cawapres lainnya. Hal ini menuai berbagai tanggapan sejumlah pengamat maupun politikus.

Pengamat politik, Alfan Alfian mengingatkan, seorang pimpinan tak boleh hanya mengandalkan popularitas. "Popularitas tidak penting, popularitas perlu tapi tidak segala-segalanya," ujarnya dalam seminar 'Kepemimpinan politik dan problematik demokratisasi pasca Soeharto', di Gedung LIPI, Jakarta, (10/10).

Masih dalam kesempatan yang sama, pengamat  politik sekaligus dosen FISIP UI, Firman Noor mengkritik gaya blusukan Jokowi dalam memimpin Jakarta.

Kritikan tak kalah pedas juga diarahkan pada kebiasaan  Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang gemar  menciptakan lagu.

Menurutnya,  apa yang dilakukan mereka sama  tidak punya kejelasan visi untuk memimpin Indonesia. "Pemimpin itu bukan hanya melakukan blusukan atau membuat lagu, tapi juga harus mempunyai visi yang jelas. Tidak ada kejelasan pemikiran. Apa visi ini kemajuan, apa kemunduran? Visi ini belum jelas, ini mengkhawatirkan," ujarnya dalam seminar 'Kepemimpinan politik dan problematik demokratisasi pasca Soeharto', di Gedung LIPI, Jakarta, (10/10).

Ia juga menambahkan, terjadinya krisis kepemimpinan disebabkan para petinggi di negara ini tak dapat  mengimplementasikan visinya, termasuk mengajak rakyatnya untuk loyal dan mengikutinya.

"Pemimpin itu punya kemampuan mengimplementasikan visi itu dan efeknya. Punya kemampuan memotivasi sehingga orang paham dan sepakat. Dia juga aspiratif, punya program yang membumi, punya komunikasi yang baik. Serta harus mewakili konstitusi negara dan cerminan budaya," lanjutnya.

(Red)



Share this post :

Masukkan email untuk berlangganan:

Delivered by Angkringanwarta

 
Ayo kirim tulisanmu ke : angkringan123@gmail.com
Copyright © 2012. AngkringanWarta - All Rights Reserved
Powered by Angkringanwarta